Pagi Matahariku

$150.000 untuk pemenang Nobel

Posted on: Senin, Mei 4, 2009

Kabar Sweeru – Rantauget

Penghargaan Lingkungan Goldman, saat ini memasuki tahun ke-20, diberikan setiap tahun kepada pejuang lingkungan level bawah dari enam wilayah benua di dunia yang merupakan penghargaan paling bergengsi di bidangnya dengan hadiah tunai yang diterima masing-masing sebesar $150.000. Penghargaan akan diberikan pada anugerah khusus dengan tamu undangan pada hari Senin, 20 April 2009 pukul 17.00 yang bertempat di San Fransisco Opera House dan akan disertai pula dengan anugerah Hari Bumi yang sederhana pada hari Rabu, 22 April di Simthsonian National Museum of Natural History di Washington, D.C.
Peraih Penghargaan tahun ini adalah:

Maria Gunnoe, Bob White, West Virginia, USA: Di jantung Appalachia, di mana industri batubara mengungguli kekuasaan pemerintah dan opini publik, seorang warga setempat, Maria Gunnoe, berjuang menentang industri batubara yang praktik operasinya menghancurkan puncak gunung untuk menguruk lembah.
Marc Ona, Libreville, Gabon: Di Gabon, sebuah Negara yang tidak melibatkan warga sipil maupun budaya lokalnya, Marc Ona memimpin upaya-upaya publik untuk mengungkapkan perjanjian korup di balik proyek besar pertambangan dari negeri China yang mengancam ekosistem hutan akan hujan tropis di negaranya.

Rizwana Hasan, Dhaka, Bangladesh: Berkarya mengurangi dampak industri pembuangan kapal Bangladesh yang mengeksploitatif dan merusak lingkungan, Rizwana Hasan, seorang ahli hukum lingkungan papan atas, memimpin perjuangan lewat jalur hukum dan membuahkan hasil ditambahnya aturan pemerintah dan meningkatnya kesadaran masyarakat tentang bahaya industri penghancuran kapal.
Olga Speranskaya, Moscow, Russia: Ilmuwan Russia, Olga Speranskaya mengubah kelompok LSM di Eropa Timur, Kaukasus dan Asia Tengah menjadi sebuah kekuatan potensial dan partisipatif yang bekerja keras mengidentifkiasi dan memusnahkan bahan kimia beracun warisan Soviet yang terdapat di lingkungan mereka.

Yuyun Ismawati, Denpasar, Bali, Indonesia: Saat persoalan pengelolaan sampah terus menggerogoti kepulauan Indonesian, Yuyun Ismawati melakukan solusi berbasis masyarakat yang memberi peluang kerja bagi warga berpenghasilan rendah dan memberdayakan mereka untuk meningkatkan lingkungan.

Wanze Eduards dan Hugo Jabini, Pikin Slee Village dan Paramaribo, Suriname: Wanze Eduards dan Hugo Jabini, anggota komunitas “Maroon” yang pada awalnya didirikan oleh kaum budak Afrika di era 1700-an, berhasil mengorganisir kelompoknya menentang penebangan di lahan tradisional mereka, dan akhirnya membuahkan pengesahan aturan tentang pengendalian oleh masyarakat suku asli dan etnik di seluruh Amerika atas eksploitasi sumberdaya di wilayah mereka.

Tentang Penghargaan Lingkungan Goldman
Penghargaan Lingkungan Goldman didirikan pada 1989 oleh seorang tokoh masyarakat San Fransisco yang dermawan, Richard N. Goldman dan almarhumah istrinya, Rhoda H. Goldman. Penghargaan ini telah diberikan kepada 133 orang dari 75 negara.

Peraih penghargaan diseleksi oleh juri internasional dari calon-calon yang diajukan secara rahasia oleh jaringan organisasi lingkungan maupun individu dari seluruh dunia.

Baca juga :Profil Yuyun Ismawati (www.Changemakers.net)

Sumber :Goldmanprize.ORG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Yang Mampir

  • 45,121
%d blogger menyukai ini: