Pagi Matahariku

Hari Buruh Sedunia

Posted on: Jumat, Mei 1, 2009

Hari Penting Dunia – Rantauget

1 mei diperingati sebagai hari buruh sedunia.. atau biasa disebut oleh Manusia sedunia MAY DAY..

(from wikipedia indonesia) Pada bulan Juli 1889, Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris menetapkan peristiwa di AS tanggal 1 Mei itu sebagai hari buruh sedunia dan mengeluarkan resolusi berisi:
Sebuah aksi internasional besar harus diorganisir pada satu hari tertentu dimana semua negara dan kota-kota pada waktu yang bersamaan, pada satu hari yang disepakati bersama, semua buruh menuntut agar pemerintah secara legal mengurangi jam kerja menjadi 8 jam per hari, dan melaksanakan semua hasil Kongres Buruh Internasional Perancis.Resolusi ini mendapat sambutan yang hangat dari berbagai negara dan sejak tahun 1890, tanggal 1 Mei, yang diistilahkan dengan May Day, diperingati oleh kaum buruh di berbagai negara, meskipun mendapat tekanan keras dari pemerintah mereka.

Dan hari ini (1 mei 2009) seluruh dunia merayakan hari buruh sedunia… dan tanpa dikomando mereka biasanya akan berkumpul dipusat-pusat kota,  istana kepresidenan dan pusat -pusat pemerintahan didaerah maupun kota-kota besar setiap negara.. ngapain sih mereka berkumpul disana?

Sesungguhnya sangat sederhana sekali , mereka hanya ingin mengaspirasikan/menuntut kesejahteraan dan masa depan mereka.  Dari mulai kenaikan upah, Jaminan Kesehatan sampai dengan meminta pemerintah mereview beberapa kebijakan yang dianggap merugikan kaum buruh, yaitu tuntutan agar pengusaha tidak melukan PHK sepihak dan pemerintah menghapuskan sistem Kerja kontrak dan outsourcing.

hal inipun berlaku dinegeri kita tercinta .  Republik Indonesia..karena  semenjak 1920 bangsa Indonesia mulai memperingati 1 Mei sebagai Hari Buruh. Tak heran jika ribuan sampe puluhan ribu buruh melakukan pawai dibunderan HI jakarta hari ini. Menurut media cetak dan media elektronik para buruh sudah berkumpul semenjak subuh tadi dan bergerak kearah bunderan HI Jakarta, kurang lebih 19 Unjuk rasa meramaikan kota jakarta hari ini.

Tak ayal Jakarta dan sejumlah daerah seperti bandung (gedung sate), semarang, Medan macet Total sejak pagi hingga sore ini.. apakah ini Fenomena atau sekedar Perayaan saja???

untuk mengetahui jawabnya
baca :Tolak revisi uu tenaga kerja tentang outsourcing
baca juga: Hapuskan sistem kerja kontrak dan outsourcing
Contoh kasus : Kasus Gugat sistem kerja kontrak pada Yayasan Lia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Yang Mampir

  • 45,121
%d blogger menyukai ini: