Pagi Matahariku

Software Penerjemah

Posted on: Senin, April 6, 2009

Kabar Sweru- Rantauget

Senin, 06 April 2009 22:06 wib

Errista Yuniasti seorang mahasiswi Universitas Surabaya (UBAYA) mengembangkan software penterjemah aksara latin ke aksara jawa dan sebaliknya.

peristiwa bermula saat mahasiswi Fakultas Tehnik kelahiran Surabaya 15 Juni 1985 ini coba-coba mengotak atik   software penerjemah miliknya “yang mirip dengan software kamus bahasa inggris ke bahsa indonesia” ucap anak bungsu dari 2 bersaudara ini. saat coba menuliskan kalimat “mangan sego telo” maka tampilan di bagian bawah muncul tulisan dalam aksara Jawa berbentuk “ho-no-co-ro-ko” yang menafsirkan tulisan latin itu.

Program yang dirancang meliputi huruf, wilangan (angka), aksara murdo, aksara suoro, pepet (ucapan beberapa macam huruf e), aksara urip (ho-no-co-ro-ko), aksara mati (non-vokal), rekan (v, z, sy, dan sejenisnya), sandangan (vokal, konsonan), suku, taling, taling tarung, pangkon, cokro, pengkal, dan capil (spasi).

ia mengisyaratkan bahwa software yang ia temukan bisa membantu orang belajar bahasa jawa  tanpa harus melewati proses yang panjang atau dengan kata lain lebih singkat, dari yang ga paham menjadi paham.

program ini diberi nami Gendhis (gadis) yang menggunakan aplikasi VB-6. “program ini baru bisa digunakan denganmaksimal  200 karakter berikut spasi (capil).

“karena aksara jawa didaerah Jatim, Jabar dan Jateng banyak perbedaanya untuk itu saya memutuskan untuk menggunakan trminologi aksara jawa yang umum saja..” Tutur tegas dari cewe yang mengku alumnus SMA 6 Surabaya

penulis : Arief Rantau

bahan berita http://www.kompas.com

1 Response to "Software Penerjemah"

sampeyan dulu menggunakan program apa dalam pembuatan aplikasinya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Yang Mampir

  • 45,121
%d blogger menyukai ini: